≡ Menu

Cara Menghalau Hipertensi / Menurunkan Darah Tinggi dengan Pola Hidup Sehat

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah menjumpai lebih dari normal yaitu 140/90mmHg atau lebih untuk usia 13-50 tahun, serta 160/95 mmHg untuk usia di atas 50 tahun. Untuk memastikan keadaan darah Anda normal atau tidak harus dilakukan pengukuran minimal sebanyak dua kali dalam 1 bulan.

Cara Menghalau Hipertensi / Menurunkan Darah Tinggi dengan Pola Hidup SehatApakah Anda Salah satu Dari Mereka yang Mengalami Hipertensi? Waspada, Jika hipertensi tidak segera ditangani dengan benar dan cepat, maka akan menimbulkan komplikasi serta kerusakan organ tubuh seperti gagal jantung.

Gagal Jantung adalah adalah kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang tepat.

Menggunakan obat herbal ataupun resep dari dokter adalah pengobatan yang telah banyak di jumpai, padahal dengan menjalani pola hidup sehat, metode ini juga bisa anda coba karena telah banyak terbukti dapat menurunkan tekanan darah, dan secara umum sangat dianjurkan dalam menurunkan risiko permasalahan kesehatan lainnya.

Berikut Pola Hidup Sehat untuk Menghalau Hipertensi / Menurunkan Darah Tinggi

Dibawah ini, mungkin dapat membantu anda dalam mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi yang saat ini sedang anda hadapi, di antaranya

  • Berolah raga, karena aktivitas yang kurang juga berpengaruh dengan tingginya tekanan darah
  • Menghindari mengonsumsi alkohol, karena konsumsi alkohol lebih dari 2 gelas per hari pada pria atau 1 gelas per hari pada wanita, dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan demikian membatasi atau menghentikan konsumsi alkohol sangat membantu dalam penurunan tekanan darah.
  • Mengurangi makanan tinggi garam, diet rendah garam ini juga bermanfaat untuk mengurangi dosis obat antihipertensi pada pasien hipertensi derajat 2. Dianjurkan untuk asupan garam tidak melebihi 2 gr/ hari
  • Berhenti merokok. Karena merokok faktor yang paling berpengaruh dalam meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya dihindari.
  • Menurunkan berat badan jika mempunyai BB berlebih dengan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak diganti dengan makanan yang tinggi serat seperti sayur sayuran dan buah buahan.
  • Ketaatan pasien ini sangat penting dan berpengaruh dalam pengobatan hipertensi atau gagal jantung.

Catatan : Bila setelah jangka waktu tersebut, tidak didapatkan penurunan tekanan darah yang diharapkan atau didapatkan gejala yang lain, maka sangat dianjurkan untuk memulai pengobatan yang lebih dari sekadar menjalani pola hidup sehat.

Ikuti Terus, Artikel Kami Tips & Trik Untuk Cara Mengobati Hipertensi dengan Cepat

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment